Tips dan Trik Sederhana Membersihkan Wadah yang Berbahan Plastik

Tips dan Trik Sederhana Membersihkan Wadah yang Berbahan Plastik


Di jaman modern sekarang ini, segala perlengkapan makan dan memasak kebanyakan terbuat dari plastik yang jauh lebih aman dan praktis digunakan. Toples, gelas, tempat makan, dan perlengkapan dapur lainnya pasti terbuat dari plastik. Sedangkan untuk dibawa bepergian, wadah plastik jauh lebih ringan dan tidak akan pecah bila jatuh.

Perlengkapan yang kita pakai untuk menyimpan makanan dan minuman serta peralatan makan sebaiknya terbuat dari plastik yang tebal dan kokoh. Plastik yang tipis dan rapuh berisiko meleleh dan menodai makanan bila digunakan. Perhatikan pula jenis plastik tersebut, apakah aman digunakan dan baik untuk kesehatan.

Namun tidak seperti stainless steel, kaca, dan keramik, peralatan berbahan plastik lebih sulit dibersihkan. Pernahkah Anda menyadari meski wadah plastik sudah dicuci tapi masih meninggalkan bau makanan? Dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk Simak trik jitunya berikut ini.


Cara Menghilangkan Noda pada Wadah Plastik

Noda yang sulit dihilangkan meski sudah Anda cuci berkali-kali bisa dibersihkan dengan beberapa cara.

Cara Menghilangkan Noda Pada Wadah Plastik
  1. Jemur wadah plastik di bawah sinar matahari selama tiga sampai empat jam hingga noda tersebut memudar. Sinar matahari dipercaya dapat memudarkan warna sehingga cara ini bisa dijadikan pilihan.
  2. Selanjutnya, Anda bisa membuat campuran air dan kaporit untuk mencuci wadah plastik. 
  3. Tambahkan satu sendok makan kaporit ke setengah baskom air hangat lalu taruh air di dalam wadah selama setengah jam. Setelah itu, cuci wadah plastik seperti biasa dengan menggunakan sabun. Kaporit disini bekerja sebagai pembersih sehingga dapat dengan mudah menghilangkan noda membandel pada wadah plastik kesayanganmu.

Cara Menghilangkan Bau pada Wadah Plastik

Bau bekas makanan pada wadah plastik memang tidak bisa dengan mudah hilang begitu saja. Perlu sabun dengan wangi ekstra untuk mengalahkan baunya. Selain membiarkan wadah tersebut terbuka dan kering secara alami, ada trik lain untuk melenyapkan bau tidak sedap pada wadah plastik.

Cara Menghilangkan Bau Pada Wadah Plastik

Hal yang bisa Anda di lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Memakai lemon sebagai penghilang bau. Buah dengan segudang manfaat dalam kehidupan sehari-hari ini mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai pembasmi alami kuman. Tidak hanya itu, kandungan anti-bakterinya dapat menghilangkan bau pada wadah plastik. Cara pakainya sangat mudah. Peras air lemon atau gosok-gosokkan irisan lemon ke dalam wadah yang sudah diberi sedikit baking soda atau soda kue. Setelah itu bilas seperti biasa dan biarkan kering. 
  2. Alternatif lain yang bisa kamu lakukan kalau tidak punya buah lemon adalah mencampur cuka secukupnya ke dalam air dan taruh air campuran tersebut ke dalam wadah plastik. Simpan selama semalam dan cuci keesokan harinya.
  3. Tidak punya lemon dan cuka di rumah? Kalau kopi pasti punya kan? Nah, taburkan saja kopi ke dalam wadah plastik dan biarkan sampai bau tidak sedap sisa makanan lenyap. Bubuk kopi yang dipakai bisa kering maupun basah. Sederhana sekali, bukan?

Cara Menghilangkan Minyak Pada Wadah Plastik

Cara Menghilangkan Minyak pada Wadah Plastik

Untuk menghilangkan bekas minyak yang masih tersisa di wadah plastik Anda dapat menggunakan cara berikut ini:

  1. Hal yang paling umum adalah mencuci wadah plastik berminyak dengan sabun deterjen.
  2. Air sabun deterjen ditaruh di dalam wadah selama 15 menit dan diikuti pula penjemuran di bawah sinar matahari dapat dengan mudah mengangkat minyak sisa makanan pada wadah plastik.
  3. Campurkan baking soda dan air yang digunakan untuk menggosok wadah plastik juga terbukti ampuh untuk wadah plastik berminyak.

Sumber: https://blog.tokopedia.com 

Artikel Pilihan Lainnya