Kita semua pasti menginginkan makanan yang kita makan maupun yang diberikan kepada keluarga kita adalah makanan yang bergizi dan sehat. Jangan sampai kita sudah mengoptimalkan gizi yang terbaik pada makanan, tapi ternyata pemilihan wadah yang tidak tepat membuat gizi makanan tersebut rusak atau bahkan menyebabkan gangguan kesehatan lain. Untuk menjaga dari efek tersebut, berikut langkah-langkah dalam memilih wadah plastik yang baik sebagai wadah menyimpan makanan.

Harga Dan Kualitas

1. Perhatikan Harga dan Kualitas

Jangan tergiur wadah yang berharga murah, waspadalah jika kualitasnya tidak bagus atau barang tersebut palsu. Lebih baik memilih merek dagang yang sudah di patenkan. Beli produk dari penjual atau dealer resmi untuk menghindari pemalsuan.

Pastikan juga mengikuti instruksi penggunaan. Perhatikan saat mencuci plastik agar tidak terlalu keras karena bisa merusak permukaannya. Jangan memasukkan wadah plastik ke microwave atau freezer bila tidak ada tanda bisa digunakan di microwave atau freezer. Ganti wadah bila warnanya sudah berubah dan rusak karena umumnya sudah tidak aman lagi dipakai dan bisa menimbulkan kontaminasi bahan kimia ke makanan atau minuman.


2. Jangan terlalu Lama Menyimpan

Semakin lama disimpan, kontak antara makanan dengan kemasan plastik akan semakin tinggi. Akibatnya jumlah bahan kimia plastik yang bermigrasi ke makanan akan semakin banyak. Jika hal ini terjadi dalam jangka panjang akan mengganggu kesehatan dan bisa meningkatkan risiko kanker.

3. Hindai Meyimpan Makanan Panas, Berlemak atau Berminyak

Sebaiknya hindari menghidangkan dan menyimpan makanan yang panas atau berlemak serta berminyak ke dalam wadah plastik. Jenis makanan seperti ini akan mempermudah masuknya zat-zat kimia pada plastik ke dalam makanan.


Simbol Wadah Plastik

4. Perhatikan Simbol Wadah Plastik

Pastikan wadah plastik yang Anda beli setidaknya memiliki salah satu tanda berikut ini:

  • Food grade, berupa logo gelas dan garpu. Tamda ini menunjukkan bahwa plastic tersebut layak di pakai untuk memproduksi perlengkapan makanan.
  • Food safe, logonya berbentuk contreng. Arti tanda ini adalah makanan atau minuman tersebut aman tidak terkontaminasi bahan-bahan kimiawi.
  • Approved by FDA, artinya produk tersebut sudah lolos uji dan dinyatakan aman digunakan oleh FDA (Food and Drug Administration), lembaga pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat.
  • Lihatlah pada bagian wadah plastik tersebut. Pastikan pada simbol segitiga yang di dalamnya terdapat angka 1, 2, 4, 5. Anga tersebut adalah pilihan yang aman untuk digunakan sebagai wadah makanan karena bebas dari zat kimia BPA (Bhispinol A). keluarkan wadah plastik dengan angka 3, 6, 7. Karena itu artinya, wadah plastik tersebut mengandung BPA yang berbahaya bagi tubuh Anda. BPA adalah sebuah senyawa kimia yang berpotensi dapat merusak kesehatan manusia dan lingkungan. BPA telah terbukti menghasilkan racun, memiliki efek karsinogenik, dan memiliki kemungkinan memberikan gangguan pada syaraf.

Sumber: http://www.sobatcantik.com/

Artikel Pilihan Lainnya


Tips Memilih Botol Plastik yang Aman Digunakan

Tips / botol plastik yang aman digunakan

Tips Memilih Plastik Kemasan Kue dan Makanan Ringan Untuk Usaha

Tips / memilih plastik / kemasan makanan untuk usaha

JENIS PLASTIK KEMASAN YANG COCOK UNTUK MAKANAN RINGAN

Artikel / Kemasan Plastik / Kemasan Makanan Ringan