Mengapa Galon Air Berlumut?


Ada beberapa penyebab mengapa galon yang kita pakai sering berlumut:

  1. Jarang mengganti dan membersihkan media tabung filter. Umumnya 2-3 bulan sekali. Namun bila agan sempat, satu bulan sekali lebih baik
  2. Kualitas air yang dipakai depot tidak sesuai dengan jumlah penyaringan air. Terutama bila yang dipakai adalah air sungai atau air PAM, penyaringan yang dibutuhkan lebih banyak.
  3. Galon yang sudah diisi sering terpapar sinar matahari secara langsung. Sering kita dapatkan galon yang terlebih dahulu sudah diisi di depot. Sehingga saat kita ingin mengisi tinggal tukar saja yang kosong dengan yang sudah jadi. Hal ini tidak dianjurkan karena kita tidak melihat langsung proses pengisian yang bersih, dan kalau galon tersebut sudah terpapar sinar matahari, lumut mudah tumbuh didalamnya.

Cara membersihkan galon berlumut

  1. Cara membersihkan bagian dalam galon yang berlumut yang praktis, mudah dan paling dianjurkan adalah menggunakan mesin sikat galon yang sudah popular digunakan oleh pabrik air minum dalam kemasan maupun depo air isi ulang.
  2. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan 4 genggam silika dan 1 gelas air yang dimasukkan kedalam galon yang berlumut kemudian galon tersebut dikocok-kocok sampai bersih. Pasir silica yang telah dipergunakan tersebut masih dapat disimpan untuk dipergunakan lagi selama tidak habis atau terbuang.


Artikel Pilihan Lainnya


Cara Membersihkan Botol Minum Plastik dari Bakteri

Artikel / cara membersihkan / botol minum

5 Tips Sederhana Membersihkan Botol Plastik

Tips / artikel / membersihkan / botol plastik

Tips Membersihkan Botol Plastik Bekas Minyak

Tips / membersihkan botol / botol plastik

Cara Praktis Siram Tanaman Saat Bepergian

Artikel / Cara / Menyiram tanaman